facebook pixel

Bahan Clodi Menentukan Harga, Benarkah?

Main Image: Bahan Clodi Menentukan Harga, Benarkah?
Kenapa ya harga clodi ini lebih mahal daripada clodi lainnya?

Pertanyaan tersebut mungkin sering terlintas di benak Bunda. Ya, terkadang harga menjadi tolak ukur dari kualitas sebuah clodi. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan penjual dalam menentukan harga clodi adalah bahan. Saat ini banyak jenis-jenis clodi yang beredar dipasaran. Tentunya tidak semua clodi berbahan sama, karenanya ada clodi yang harganya murah dan mahal.

Mengetahui bahan yang digunakan pada clodi sangat penting Bunda. Agar tak salah pilih, yuk ketahui terlebih dulu bahan clodi dan jenisnya!

Bahan Microfiber

Dalam dunia clodi, bahan yang satu ini sangat familiar. Microfiber terbuat dari kombinasi antara polyester dan polyamide. Memiliki daya serap tinggi, microfiber biasanya digunakan sebagai insert clodi, bahkan untuk membuat handuk mandi. Tapi hati-hati ya Bunda, pemakaian bahan clodi microfiber secara terus menerus (terlalu lama) akan menyebabkan kulit bayi menjadi kering.

Microfleece/Fleece

Jenis kain ini juga paling sering digunakan sebagai bahan inner dan liner, khususnya pada pocket diaper, cover diaper, clodi AIO/A12. Mampu menyerap air hingga ke lapisan bawah secara efektif, sehingga kulit bayi tetap kering dan nyaman. Bahan clodi ini juga mudah dicuci, mudah kering, tahan noda dan stay-dry sehingga mempermudah pembuangan air besar si bayi.

PUL (Polyurethane Laminate)

Bahan clodi yang satu ini berfungsi untuk menahan air agar tidak bocor (waterproof), dan biasanya digunakan pada lapisan luar (outer). Terbuat dari campuran bahan polyester (kapas) dan katun. Meskipun hampir sama dengan plastik, PUL bersifat breathable karena memiliki sirkulasi udara. Cara merawat PUL juga tidak sembarangan lho. Perawatan yang salah bisa membuatnya rusak, berbau, hingga bocor.

Tahukah Bunda, bahan PUL juga memiliki tingkatan? Ini adalah salah satu jawaban dari pertanyaan di atas. Harga PUL memang cenderung mahal karena pembuatannya saja butuh biaya besar. Untuk membuktikannya, Bunda bisa bandingkan PUL clodi murah dengan yang relatif mahal.

Bamboo

Siapa sangka, tanaman bamboo juga bisa dijadikan sebagai bahan clodi lho Bunda. Hal ini karena bahan bamboo memiliki banyak kelebihan, diantaranya sejuk untuk pemakaian di cuaca panas, breathable, lembut, daya serap extra, bersifat anti-bakteria dan ramah lingkungan. Hal ini menjadikan harga clodi dengan bahan bamboo cenderung lebih mahal. Tapi jika Bunda membeli clodi dengan bahan bamboo, pastikan mencucinya 5 – 6 kali terlebih dahulu sebelum digunakan.

Hemp

Pernahakah Bunda melihat tanaman hemp? Selain bamboo, ternyata tanaman ini juga digunakan sebagai bahan clodi. Kelebihannya lebih tahan lama, daya serap tinggi, anti bakteri, tetap aman dan lembut walaupun digunakan terus menerus. Sama seperti bamboo, cloth diaper dengan bahan hemp harus dicuci terlebih dulu untuk menghilangkan natural oils yang ada didalamnya.

Wool

Bunda tentu sudah tak asing lagi dengan wool. Bahan yang terbuat dari kulit domba ini banyak dipakai untuk pembuatan clodi cover atau soaker. Bunda tak perlu repot harus sering mencuci cloth diaper karena bahan ini dapat digunakan berulang kali tanpa dicuci. Cocok juga untuk pemakaian di segala cuaca. Harganya? Tentu lebih mahal karena bahan ini sulit ditemukan di Indonesia.

Minky

Minky sudah dikenal lama dan banyak digunakan sebagai bahan dasar baju anak dan juga bayi, dan kini menjadi lapisan terluar clodi. Kain minky terbuat dari bahan dasar microfiber dengan tekstur halus, lembut juga sangat fleksibel. Salah satu clodi yang memakai bahan minky adalah produk cloth diaper dari Minikinizz. Selain itu, Minikinizz juga menawarkan clodi minky dengan berbagai motif yang tentunya membuat si baby makin trendi.

Nah, sekarang Bunda sudah tahu ‘kan beberapa bahan yang digunakan dalam pembuatan clodi. Ini bisa menjadi bekal agar tak salah memilih cloth diaper untuk sang buah hati.

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS