facebook pixel

Berapa Banyak Minimal Membeli Clodi?

Main Image: Berapa Banyak Minimal Membeli Clodi?

Bagi Bunda yang baru pertama kali ingin menggunakan clodi, sebagian besar yang ingin ditanyakan adalah berapa banyak popok clodi yang harus disediakan? Tentunya hal ini sangat bergantung pada:

·         Usia bayi. Semakin muda usia bayi, semakin sering intensitas pup, sehingga memerlukan lebih banyak clodi.

·         Pembagian waktu. Jika ingin penuh waktu berarti sama sekali tidak menggunakan pospak (popok sekali pakai), artinya butuh popok clodi yang lebih banyak daripada yang paruh waktu (siang atau malam hari saja).

Cara Menghitung Kebutuhan Popok Clodi

Cara hemat

Bagi bayi yang baru lahir Bunda bisa membeli 6  popok Klodiz tipe cover mini dan 4 insert tambahan, karena tiap cover mini berisi 2 insert. Dengan asumsi pemakaian clodi 4 jam sekali diganti, maka pemakaiannya adalah sebagai berikut:

·         Pada pagi hingga siang hari jam 8 AM - 4 PM: membutuhkan 3 insert, 1 clodi, untuk mencegah cover clodi bocor dan menjadi basah, atau jika cover clodi agak basah, cover bisa diangin2kan terlebih dahulu

·         Setelah mandi sore jam 4 PM: ganti clodi dan insert

·         Malam jam  8 PM: ganti clodi dan insert

·         Dini hari jam 1 AM: ganti insert

Dengan begitu jumlah cover clodi yang dibutuhkan dalam 1 hari 3 clodi, 6 - 8 insert, dengan asumsi Bunda harus sering mencuci setiap hari. Kebutuhan popok kain bayi untuk 2 hari, asumsi 1 hari kering, 6 clodi 4 insert.

Biaya yang dibutuhkan

·         6 cover mini = 6 x 60.000            = Rp 360.000

·         4 insert = 4 x 25.000                     = Rp 100.000

·         Total                                                   = Rp 436.000

Cara santai

Bagi Bunda yang memiliki budget cukup, untuk newborn ( bayi baru lahir), disarankan mempunyai 15 clodi.

Jika pemakaian popok kain bayi maksimal 4 jam sekali, maka setidaknya kita membutuhkan 6 clodi per hari. Jumlah ini untuk pemakaian penuh waktu. Selain itu, pertimbangkan juga seberapa sering Bunda mencuci. Jika mencuci sekali sehari, kira-kira dibutuhkan 2 x 6 atau 12 clodi inti dan 3 sebagai cadangan. Dengan demikian, total clodi yang dibutuhkan berjumlah kurang lebih 15 clodi. Dengan persediaan sejumlah tersebut, Bunda masih punya cadangan hari berikutnya.

 Biaya yang dibutuhkan

·         15  cover mini = 15 x 60.000 = Rp 900.000

Berapa lama popok clodi dapat dipakai?

1 insert clodi cover mini dapat menampung urin 100 ml. Normalnya produksi urin seseorang adalah 0.5–1 ml/kg berat badan setiap jam nya.

Sebagai contoh, jika berat badan anak adalah 10 kg, maka banyaknya urine yang dikeluarkan adalah 5–10 ml/jam atau 20–40 ml/4 jam.

Walaupun insert popok kain bayi mampu menyerap dan menampung sekitar 100 ml, tetapi dalam pemakaiannya, maksimal 4 jam. Jadi setelah pemakaian sekitar 4 jam, clodi harus diganti. Adapun kalau baby buang air besar (BAB), maka clodi harus segera begitu baby selesai BAB.

Tujuannya, selain agar baby terjaga kenyamanannya, juga agar baby terhindar dari ruam popok.

Perbandingan harga popok clodi dan pospak

Total biaya kebutuhan clodi Ro 900.000 setara dengan 450 pospak seharga Rp 2000. Dimana 450 pcs ini cukup untuk 75 hari penuh waktu memakai popok sekali pakai. 

Dengan asumsi perhari  menggunakan 6  pospak. Jika bunda ingin balik modal, minimal penggunaan 15  clodi yg baru dibeli, harus digunakan selama 75 harian (2,5 bulan).

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS