Mengenal Jenis-Jenis Clodi. Mana Yang Cocok Untuk Si Buah Hati?

Main Image: Mengenal Jenis-Jenis Clodi. Mana Yang Cocok Untuk Si Buah Hati?

Saat ini, pemakaian popok clodi semakin popular di kalangan masyarakat. Selain lebih tahan lama dan ramah lingkungan, tentunya juga lebih hemat dibanding dengan membeli popok sekali pakai (pospak). Bentuk clodi yang unik dengan motif beragam juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga dapat menunjang penampilan si baby agar makin stylish. Jika bunda belum mengenal apa itu clodi, Minikinizz sudah membahasnya di sini.

Tapi tahukah bunda, ternyata popok clodi memiliki beragam jenis lho? Saat ini banyak jenis-jenis clodi yang beredar di pasaran. Agar bunda tak salah pilih, yuk ketahui lebih dalam apa saja sih jenis-jenis clodi dan bagaimana ciri-cirinya.

Jenis-jenis Clodi (Cloth Diaper)

Clodi All in One (AiO)

Ciri-ciri clodi jenis ini adalah memiliki lapisan luar yang tahan air (waterproof). Lapisan insertnya juga menyatu dengan inner alias dijahit dan hampir menyerupai pospak. Kelebihannya, clodi AiO ini sangat praktis dan mudah digunakan. Bunda juga tak perlu repot-repot membawa insert tambahan ketika berpergian. Tapi saat dicuci, clodi ini akan lebih lama kering karena tebal.

Clodi All in Two (Ai2)

Hampir sama dengan jenis clodi AiO. Bedanya, insert atau lapisan penyerap tidak dijahit menyatu, melainkan diletakkan saja di atas inner clodi. Jika insertnya di cuci, outer masih bisa dipakai setelah dikeringkan.

Pocket Diaper

Rupanya jenis popok kain bayi yang satu ini banyak di cari lho bunda. Clodi pocket terbuat dari bahan waterproof (untuk outer) dan stay-dry material seperti microfleece atau suede (untuk inner). Perekatnya ada 2 tipe yang bisa bunda pilih, yaitu velcro (kreket) dan snap (kancing). Memiliki kantung sebagai wadah insert dan insert bisa dikeluarkan saat pencucian, jadi lebih cepat kering dan mudah dicuci.

Fitted Diaper

Yang membedakan antara fitted diaper dengan jenis clodi lainnya adalah tidak ada lapisan waterproof. Lho gampang bocor dong? Tenang bunda! Karena bentuknya yang tebal dan berlapis-lapis, Fitted Diaper tetap memiliki daya serap ekstra yang bagus dan lebih breathable.

Cover Diaper

Jenis popok clodi ini hanya memiliki lapisan luar yang berbahan waterproof. Jadi, insert hanya diletakkan di atas cover clodi dengan cara ditempelkan dengan snap. Meski tidak dilengkapi dengan kantung, cover tetap memiliki Leg Gusset untuk mencegah bocor samping. Perekatnya bisa berupa snap, velcro atau berbentuk celana pull-up.

Pull Up Pant Diaper

Ini merupakan tipe popok clodi berbentuk celana. Biasanya digunakan saat baby sudah aktif bergerak dan berjalan. Hampir sama dengan clodi pocket, Pant Clodi memiliki sebuah kantung sebagai wadah insert. Pengaturan pinggangnya menggunakan karet yang dilengkapi dengan snap.

Training Pant                                                   

Training pant berbentuk seperti celana yang dilengkapi lapisan penyerap tipis (hanya menampung sekali pipis saja) dan digunakan saat si baby sudah belajar pipis di toilet (toilet training).

(Baca juga: Apa Itu Training Pant? Perlukah Menggunakannya?)

Swim Diaper

Swim diaper merupakan clodi yang ideal digunakan saat si baby berenang atau bermain basah-basahan di pantai. Terbuat dari bahan yang ringan untuk mempermudah baby bergerak dalam air dengan bahan penyerap yang cukup tebal di bagian tengah untuk menampung pee yang mungkin keluar saat berenang.

Nah, sekarang bunda sudah lebih tau jenis-jenis clodi. Jadi, jenis clodi mana yang cocok untuk sang buah hati? Ingat ya bun, tidak harus menuggu bocor untuk mengganti diaper! Sebaiknya gantilah setiap 3-4 jam sekali untuk menjaga kesehatan kulit baby agar lebih leluasa bernafas.

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS