Tetap Awet dan Bersih, Begini Cara Merawat Clodi Yang Benar

Main Image: Tetap Awet dan Bersih, Begini Cara Merawat Clodi Yang Benar

Saat ini, banyak Bunda yang sudah beralih menggunakan cloth diaper atau clodi sebagai pilihan popok si kecil. Selain ramah lingkungan, popok clodi juga lebih hemat dan lebih stylish karena memiliki beragam motif lucu dibanding popok biasanya. Perawatan cloth diaper juga mudah kok Bunda. Agar tetap awet dan aman untuk kulit bayi, Minikinizz punya beberapa tips cara merawat clodi nih. Yuk simak selengkapnya!

Cara Merawat Clodi yang Baik dan Benar

1. Lakukan prewash sebelum memakai clodi baru

Saat membeli clodi baru, pasti sudah gak sabar dong untuk memakaikannya pada si kecil? Eits.. tenang Bunda! Pastikan clodi baru dicuci terlebih dulu (prewash) minimal 3x sebelum digunakan. Hal ini dibutuhkan agar mendapat daya serap maksimal serta membersihkan popok clodi dari zat-zat yang menempel saat proses produksi.

Hindari juga menyetrika clodi ya Bunda! Karena panas dari setrika akan merusak lapisan waterproof sehingga popok akan mudah bocor.

2. Cuci menggunakan sedikit deterjen

Cara merawat clodi selanjutnya adalah segera membersihkan clodi yang kotor akibat BAB si baby. Jangan biarkan kotor terlalu lama karena akan menimbulkan jamur, bau dan noda yang menetap. Caranya, semprot dengan air bersih lalu kucek menggunakan tangan ditambah sedikit deterjen. Jika Bunda menggunakan mesin cuci, gunakan takaran deterjen 1/4 kali dari takaran normal.

Bagaimana jika clodi kotor sudah terlanjur bau? Tenang! Tambahkan saja air lemon atau soda kue pada bilasan pertama. Hal ini ampuh untuk menghilangkan noda dan bau lho.

3. Hindari pelembut, pengharum dan pemutih

Saat mencuci, sebaiknya gunakan sabun yang bebas dari bahan pemutih, pengharum dan pelembut agar kualitasnya tetap terjaga. Ternyata penggunaan bahan-bahan tersebut akan meninggalkan zat yang mengurangi daya serap. Selain itu juga dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

4. Keringkan di bawah sinar matahari dengan posisi yang benar

Hindari mengeringkan popok clodi dengan mesin pengering, karena panasnya akan merusak lapisan waterproof. Cukup jemur di bawah sinar matahari dengan posisi inner menghadap atas dan outer menghadap ke bawah. Cara ini ampuh menghilangkan bau dan noda.

5. Lakukan stripping

Bunda, jangan lupa lakukan stripping satu bulan sekali ya, yaitu mencuci clodi tanpa deterjen atau bahan kimia apapun. Cukup rendam lalu bilas popok clodi sampai bersih. Kemudian keringkan di bawah sinar matahari.

Bagaimana Bunda, mudah ‘kan merawat clodi? Dengan perawatan yang baik dan benar, popok clodi lucu si kecil akan tetap awet dan bersih serta nyaman di pakai. Happy trying!

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS