facebook pixel

Tips Memilih Popok Kain Bayi Berdasarkan Usia

Main Image: Tips Memilih Popok Kain Bayi Berdasarkan Usia

Sebagai orang tua, Bunda pasti selalu ingin memberikan yang terbaik untuk si buah hati. Apalagi soal kenyamanan dan kesehatan, terutama dalam urusan popok. Pemilihan popok yang salah dapat mengakibatkan ketidaknyamanan saat si kecil memakainya. Selain itu juga tak jarang menimbulkan iritasi pada kulit (biasanya diakibatkan penggunaan popok sekali pakai yang berlebihan).

Agar lebih aman, Bunda bisa beralih menggunakan popok kain bayi atau biasa disebut clodi (cloth diapers). Saat ini, banyak clodi yang beredar dipasaran. Tidak semua popok clodi berbahan sama. Jadi Bunda dapat memilih sendiri bahan yang sesuai dengan kulit si kecil.

(Baca juga: Bahan Clodi Menentukan Harga, Benarkah?)

Tahukah Bunda, ternyata pemilihan jenis clodi ditentukan oleh usia anak? Ya, beda usia beda juga jenis clodinya! Untuk itu, yuk cari tahu jenis clodi seperti apa sih yang cocok?

Pemilihan Popok Kain Bayi (Clodi) Berdasarkan Usia

Usia 0-10 Bulan

Pada usia awal, kulit bayi masih sangat sensitif. Untuk itu, Bunda harus memilih popok dengan bahan yang lembut dan nyaman. Pilihlah popok clodi yang memiliki perekat pada bagian pinggang. Jangan lupa sesuaikan ukurannya dengan berat badan bayi ya.

Clodi jenis Cover Mini (COMIN) dari Minikinizz adalah pilihan yang tepat. Popok kain bayi ini dirancang khusus untuk newborn baby dengan berat 0 – 10 Kg. Sangat mudah digunakan dan nyaman di pakai. Untuk mengatur ukuran pinggangnya menggunakan velcro (kreket), tersedia juga snap untuk mengatur clodi agar tidak bergeser dan mengalami bocor samping.

Usia 11-19 Bulan

Di usia ini, anak sudah mulai aktif belajar merangkak, berdiri, berjalan, dan bermain. Jadi, sebaiknya pilihlah popok clodi berbentuk celana agar si kecil nyaman beraktivitas.

Minikinizz Panzy mungkin bisa menjadi pilihan Bunda. Popok kain berjenis pocket ini sangat cocok untuk anak dengan berat kurang dari 17 Kg. Memiliki insert yang dimasukkan ke dalam clodi, didukung dengan bentuk Pul Up semakin memudahkan si buah hati beraktivitas. Bahan lapisan luar (outer) terbuat dari Minky yang lembut dan dengan menggunakan sistem Elastic Snap.

20 Bulan ke Atas

Di usia 20 bulan atau lebih, pergerakan si kecil sudah benar-benar aktif. Dia dapat berjalan sendiri tanpa bantuan bahkan sudah latihan berlari dan melompat. Ini saatnya Bunda juga perlu mengajarkan anak untuk melakukan toilet training!

Toilet training adalah latihan agar anak terbiasa pipis di toilet dan bisa lepas dari diapers (clodi). Untuk membantunya, gunakanlah Minikinizz Training Pants. Berbeda dengan clodi biasanya, training pants berbentuk celana yang dilengkapi lapisan penyerap tipis dan hanya menampung sekali pipis saja. Tujuannya, agar si kecil merasa tidak nyaman saat celananya basah sehingga dia akan mulai terbiasa pipis di toilet.

Saat awal kelahiran, jangan membeli popok sekaligus dalam jumlah banyak ya Bunda! Sebab ukuran tubuh bayi akan terus berkembang sehingga jenis popok pun akan berubah dengan cepat. Jadi, jenis clodi mana yang sesuai untuk si kecil saat ini?

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS