kamus istrilah


Beberapa istilah dalam per CLODI-an

  1. Insert lapisan penyerap urin yang diletakkan di dalam kantung/pocket atau ditempelkan pada cover.
  2. Inner Gusset  jahitan kerut yang terletak di lapisan dalam (inner) berfungsi untuk menghindari terjadinya kebocoran samping dan menjaga feses  (kotoran) tidak tercecer keluar.
  3. Leg Gusset  jahitan kerut di daerah lingkar paha yang fungsinya menjaga agar lingkar paha tertutup sempurna untuk menghindari terjadinya kebocoran samping, juga membantu agar fases bayi tidak mudah tercecer keluar.
  4. AIO  ( All-In-One) adalah popok kain yang lapisan insert-nya sudah terjahit menyatu dengan lapisan dalam (inner) dan lapisan luarnya sehingga tanpa perlu menggunakan lapisan penyerap tambahan. Rancangan clodi ini menyerupai popok sekali pakai (pospak), karena merupakan one-piece diapering system. Perbedaannya dengan pospak adalah, pemakaiannya bisa digunakan berulang-ulang setelah dicuci dan dikeringkan (cuci-pakai). 
    Keunggulan:
    Lapisan penyerap AIO dijahit menempel clodi sehingga lebih praktis dalam penggunaannya tanpa perlu menggunakan insert terpisah.
    Kekurangan:
    Clodi berjenis AIO lebih lama kering bila dijemur karena lapisan penyerapnya yang tebal, dalam membersihkan, diperlukan ketelitian karena insert yang dijahit menempel untuk memastikan clodi jenis ini bersih dengan sempurna.
  5. AI2  ( All-In-Two) Adalah popok kain yang lapisan insertnya bisa dilepas dan dipasang kembali atau tidak dijahit menempel pada clodi sehingga memudahkan dalam pembersihan.
    Keunggunan:
    AI2 lebih cepat kering bila dibandingkan dengan AIO karena lapisan insertnya yang lepas pakai sehingga dapat dibersihkan dengan mudah.
    Kekurangan:
    Clodi jenis AI2 kurang praktis karena lapisan insert yang terpisah sehingga saat akan digunakan perlu dipasang terlebih dahulu.
  6. Pocket Diapers adalah popok kain yang memiliki kantong untuk memasukkan insert/lapisan penyerap. Hampir sama dengan popok kain berjenis AIO atau AI2, bahan bagian luarnya terbuat dari bahan yang waterproof, juga innernya yang terbuat dari bahan stay-dry seperti microfleece atau suede.
    Pocket diapers menjadi jenis popok kain yang paling populer di kalangan bunda bijak karena praktis dan hemat, selain itu bahan pengisi pocket bisa ditentukan sesuai keinginan, mudah dicuci, terlihat lebih ramping bila dipakai (agar kelihatan ramping, cukup masukkan 1 insert saja).
  7. Bamboo adalah jenis kain yang memiliki tekstur lembut dan daya serap yang tinggi sehingga bahan ini paling sering digunakan sebagai bahan inner dan insert. Clodi berbahan bamboo dianjurkan untuk dicuci (pre-wash) lebih dari 6 kali sebelum digunakan.
  8. Microfleece/fleece adalah jenis kain yang paling sering digunakan sebagai bahan inner dan liner karena mampu menyerap air ke lapisan bawah secara efektif, sehingga dapat menjaga kulit bayi tetap kering dan nyaman.
  9. Microfiber adalah jenis kain yang paling sering digunakan sebagai bahan insert clodi karena memiliki daya serapnya yang tinggi, sehingga menjaga kulit tetap kering.
  10. Polyurethane Laminated (PUL) adalah bahan yang bersifat waterproof sehingga sering digunakan sebagai bahan outer.
  11. Snap/Kancing adalah bagian clodi yang berfungsi mengatur ukuran clodi sehingga pas di tubuh bayi, terbuat dari bahan plastik yang kuat sehingga aman untuk bayi (tidak seperti bahan metal yang dapat berkarat apabila terkena urine si kecil).
  12. Velcro adalah bagian clodi yang fungsinya untuk mengaitkan antara dua ujung pengait pada bagian pinggang agar pas dengan ukuran pinggang bayi. Biasanya clodi dengan Velcro diperuntukan bayi yang baru lahir hingga beratnya 10 kg karena pemasangannya dan pelepasannya sangat mudah, sehingga tidak cocok untuk bayi yang tangannnya sudah aktif bergerak.
Whatsapp Telepon SMS