facebook pixel

Cara Alami Mengatasi Sindrom Baby Blues

Main Image: Cara Alami Mengatasi Sindrom Baby Blues

Bunda pernah mengalami suasana hati yang berubah-ubah? Misalnya mendadak merasa sangat bahagia, tapi tak lama kemudian tiba-tiba berubah sangat sedih, sangat mudah tersinggung, hingga menangis tanpa sebab. Sering juga merasa tidak sabaran, hilang konsentrasi, gelisah, cemas, ketakutan, dan kadang merasa kesepian. Pernah?

Itulah yang disebut Baby Blues Syndrome. Ini adalah sebuah sindrom di mana Bunda mengalami gangguan psikologi suasana hati setelah melahirkan si Kecil. Beberapa hal di baby blues ini mirip depresi, tapi tidak separah itu, kok.

Kondisi baby blues ini biasanya terjadi pada 3-10 hari setelah melahirkan. Apa penyebabnya? Perubahan hormon, kesulitan melakukan adaptasi dengan suasana dan status baru sebagai seorang ibu yang punya bayi, serta kecapekan akibat kurang tidur dan banyaknya aktivitas ekstra dengan hadirnya si Kecil.

Satu hal yang sangat dikhawatirkan dari sindrom ini adalah si Bunda yang mengalaminya biasanya menjadi kurang semangat dalam merawat bayinya. Wah, Kasian sekali si Kecil, kan?

Intinya, sindrom ini harus bisa teratasi. Dalam kondisi ini, yang paling dibutuhkan Bunda adalah pengertian dan dukungan sepenuhnya dari Ayah. Sebagaimana ada tips sederhana, tapi cukup efektif, untuk mengatasi baby blues. Salah satunya ada peran Ayah di sana. Simak yuk!

 

Konsumsi makanan favorit & bergizi

Lakukan hal-hal yang Bunda sukai, salah satunya mengonsumsi makanan favorit. Tak hanya enak, diharapkan asupan tersebut juga mengandung nilai gizi yang baik dan menyehatkan.

 

Refreshing

 

Sekadar jalan-jalan berkeliling rumah atau melintas ke perkampungan di sekitar kompleks, lalu menyapa basa-basi tetangga yang berpapasan sambil menghirup udara segar, sudah cukup membuat Bunda fresh kembali.

 

Istirahat & tidur cukup

 

Salah satu penyebab baby blues adalah kecapekan. So, istirahatkan badan dan rilekskan otot-otot, dengan tidak melakukan banyak rutinitas di rumah. Ini jelas butuh dukungan dari Ayah. Bunda juga harus memastikan waktu tidur yang cukup.

 

Olahraga rutin

 

Berkeringat karena melakukan olahraga ringan yang rutin sangat penting untuk meredam baby blues secara alami. Jadwalkan untuk melakukannya setiap pagi atau sore, cukup sebentar saja, asalkan bisa rutin.

 

Me time

 

Luangkan waktu untuk menyendiri, cukup di rumah saja, atau sesekali bisa ke sebuah tempat. Bunda bisa melakukan aktivitas-aktivitas kesukaan, atau bisa Bunda manfaatkan untuk merenung dan introspeksi diri.

 

Curhat dengan pasangan

 

Ini cara penanganan sindrom baby blues yang paling penting dan sangat butuh dukungan dari Ayah. Saatnya Bunda berkomunikasi secara terbuka dan dari hati ke hati dengan Ayah tentang perasaan adanya tekanan dan suasana hati yang tidak nyaman. Ceritakan semuanya. Tidak perlu mencari solusi, karena dengan hanya curhat itu pun Bunda akan merasakan sebuah kelegaan. Ini penting.

 

Konsultasi dengan terapis

 

Ini optional. Jika cara-cara sebelumnya sudah dilakukan dan belum juga menunjukkan tanda-tanda keberhasilan atau sekadar perbaikan, maka Bunda sebaiknya melakukan konsultasi dan terapi dengan ahlinya.


Setelah Bunda -- khususnya yang saat ini sedang menantikan kelahiran si Kecil --  mengetahui tips dari Minikinizz cara mengatasi sindrom baby blues ini, Bunda bisa langsung mencobanya saat gejala-gejala tersebut nantinya muncul. Pastikan Bunda mendapat support dari Ayah untuk melewati kondisi ini.

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS