facebook pixel

Harga Popok Clodi dan Jumlah Keseluruhan yang Dibutuhkan Bayi

Main Image: Harga Popok Clodi dan Jumlah Keseluruhan yang Dibutuhkan Bayi

Salah satu concern penting dalam jangka pendek dari Bunda dan Ayah saat menantikan kelahiran bayi adalah menentukan popok terbaik yang akan disediakan untuk si Kecil tersebut. Tentu saja hal ini terkait dengan kesiapan budget dalam pengadaan popok.

Untuk dapat menyiapkan anggaran yang dibutuhkan saat si Kecil hadir nanti, Bunda dan Ayah harus tahu harga popok clodi yang menjadi pilihan. Dari sini sudah dipastikan popok yang akan digunakan adalah popok kain (clodi) cuci ulang, bukan popok jenis sekali pakai. Bunda dan Ayah perlu tahu harganya.

Setelah mengetahui harga popok clodi, berikutnya Bunda dan Ayah perlu mencari tahu berapa kebutuhan jumlah popok clodi secara keseluruhan, bukan hanya setahun, tapi sampai selesai masa penggunaan popok. Sehingga dengan mudah Bunda dan Ayah bisa menghitung berapa dana yang dibutuhkan untuk popok clodi.

Harga Popok Clodi

Untuk mengetahui harga popok clodi, mari kita ambil contoh dari salah satu produk clodi terbaik, yaitu Minikinizz yang memproduksi brand Minikinizz dan Klodiz. Produk clodi Minikinizz menawarkan banyak sekali varian produknya. Tapi dari sejumlah varian itu, clodi Minikinizz tersedia dalam 2 model, yaitu popok clodi model pants All in One (AIO) dan popok clodi model cover & pocket All in Two (AI2).

Untuk popok clodi model pants AIO terdiri dari Minipants, Izzypants (motif & solid), Superpants (motif & solid), Maxipants (motif & solid), Kiddypants, Klodizpants, Minky Pants, dan Training Pants. Range harga satuannya adalah Rp62.000 – Rp90.000. Rata-rata harga satuan popok clodi Minikinizz AIO adalah Rp76.000.

Sementara untuk produk popok clodi model cover & pocket AI2, terdiri dari Minipants, Miniklodiz, Izzyeco (motif & solid), dan Klodiz Nite (motif & solid). Range harga satuannya adalah Rp52.500 – Rp83.000. Jika diambil rata-ratanya, harga satuan dari popok clodi Minikinizz model cover & pocket AI2 ini adalah Rp67.750.

Nah, dari harga satuan rata-rata dari kedua model itu, let’s say Bunda dan Ayah memilih untuk menggunakan popok clodi dari kedua model itu, maka kita ambil lagi harga rata-rata dari kedua model itu. Maka ketemu harga rata-rata baru yaitu Rp71.875. Kita bulatkan saja ke atas agar lebih simple, yaitu Rp72.000.

Jumlah Clodi yang Dibutuhkan Bayi

Setelah mengetahui harga satuan clodi, sekarang giliran Bunda dan Ayah mencari tahu kebutuhan jumlah clodi yang akan digunakan bayi. Dimulai dari berapa clodi, sih, yang dibutuhkan bayi dalam sehari?

Dalam sehari, bayi membutuhkan berganti clodi rata-rata setiap 3-4 jam. Yang perlu harus langdung diganti kalau pup, tanpa memandang berapa jam. Rinciannya sebagai berikut:

  • Ganti 1x setelah mandi pagi
  • Ganti 1x pada sekitar jam 12 siang
  • Ganti 1x pada sekitar jam 3 sore
  • Ganti 1x setelah mandi sore
  • Ganti 1x sebelum tidur malam
  • Ganti bisa lebih sering (2x) kalau pup

Melihat aktivitas pergantian tersebut, kesimpulannya rata-rata kebutuhan clodi dalam sehari adalah 7x ganti. Tapi dalam implementasinya 7 popok clodi terlalu mepet, belum dihitung proses pencuciannya. Bunda perlu spare punya cadangan clodi untuk 2 hari, yaitu 2 x 7 =14. Jadi kebutuhan popok clodi adalah 14x ganti.

Biaya Kebutuhan Popok Clodi

Setelah mengetahui harga satuan popok clodi dan juga kebutuhan rata-rata setiap harinya, Bunda dan Ayah bisa memperkirakan kebutuhan biaya yang harus dipersiapkan untuk memenuhi ketersediaan popok clodi tersebut.

Mari kita berhitung untuk biaya yang harus disiapkan (baca: dikeluarkan) untuk popok clodi keseluruhan, dengan data sebagai berikut:

  • Harga satuan popok clodi = Rp72.000
  • Kebutuhan popok clodi 1 hari (termasuk cadangan pencucian) = 14

Maka biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli popok clodi adalah Rp72.000 x 14 = Rp1.008.000.
Bunda dan Ayah perlu menyisihkan Rp1 jutaan untuk popok clodi si Kecil. Mahal?

Tunggu sebentar, yang perlu Bunda dan Ayah perhatikan adalah clodi-clodi tersebut bisa dipakai hingga 3 tahun. Usia di mana si Kecil sudah mulai dikenalkan program toilet training, untuk berpisah dengan popok clodi. Jadi cukup 1x itu saja biaya itu dikeluarkan.

Coba mari kita bandingkan kalau Bunda dan Ayah memilih menggunakan popok sekali pakai (pospak). Berapa harga satuan pospak? Ada yang Rp2.000, ada yang Rp3.000. Oke, kita ambil harga rata-ratanya ya, Rp2.500.

Kita masukkan hitungan kebutuhan popok dalam sehari, yaitu 7x ganti, maka perhitungannya sebagai berikut:

  • Kebutuhan 1 hari = Rp2.500 x 7 = Rp17.500
  • Kebutuhan 1 bulan = Rp17.500 x 30 = Rp525.000
  • Kebutuhan 1 tahun = Rp525.000 x 12 = Rp6.300.000
  • Kebutuhan 3 tahun = Rp6.300.000 x 3 = Rp18.900.000

See?! Berapa rupiah perbandingannya? Satu juta berbanding belasan juta. Itu pun bisa berubah lebih besar, andai saja si Kecil telat lolos program toilet training, sehingga tetap tergantung dengan popok sampai usianya lebih dari 3 tahun.

Nah, setelah mengetahui perhitungan-perhitungan tersebut, Bunda dan Ayah bisa lebih mantap dalam mempersiapkan kebutuhan popok clodi untuk si Kecil. Gunakan selalu produk popok clodi berkualitas, untuk memberikan kenyamanan dan juga menjaga kesehatan si Kecil tercinta.

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS