facebook pixel

Ikan, Menu Wajib yang Lezat dan Sehat untuk si Kecil

Main Image: Ikan, Menu Wajib yang Lezat dan Sehat untuk si Kecil

Lele, Salmon, Mujair, Bawal, Bandeng, Gurame, Tuna, Kembung, Nila, Kakap, Kerapu, Patin, Dori.

Bund, silakan pilih ikan mana yang Bunda sukai untuk diolah dan disajikan untuk si Kecil. Semuanya gampang ditemukan, kok. Semua juga aman dikonsumsi si Kecil. 

Tak hanya lezat, ikan-ikan tersebut juga sangat menyehatkan. Tak heran jika banyak kalangan bahkan mewajibkan tersedianya menu ikan di porsi makan anak. 

Manfaat Menu Ikan untuk Anak

Mengapa mengonsumsi menu ikan sampai diwajibkan untuk anak-anak, ternyata memang banyak sekali manfaatnya. Simak berikut ini manfaat ikan untuk anak:

1. Kualitas Tidur Lebih Baik

Mengonsumsi ikan dapat meningkatkan kualitas tidur anak. Ini penting sekali. Saat tertidur lelap di malam hari, hormon pertumbuhan akan bekerja optimal. 

2. Menjaga Kesehatan Mata

Berkat kandungan omega 3 yang kaya pada ikan berlemak, anak dapat terhindar dari penyakit degenerasi macula yang bisa menyebabkan gangguan penglihatan, bahkan kebutaan, yang umumnya menyerang orang dewasa dan lanjut usia.

3. Menurunkan Risiko Alergi

Mengonsumsi berbagai jenis ikan sejak dini dapat menurunkan risiko berbagai penyakit alergi, termasuk asma, yang terjadi saat ada peradangan pada saluran udara. Risiko tersebut bisa ditekan hingga hamper 25%. Hal ini berkat kandungan asam lemak tak jenuh rantai panjang.

4. Mendukung Perkembangan Otak

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan sangat penting untuk mendukung perkembangan otak anak, terutama saat berada di usia emas (golden age), yaitu masa-masa balita, alias di 1.000 hari pertama kehidupan anak. 

5. Sumber Vitamin D yang Bagus

Ikan salmon dan tuna menjadi contoh jenis ikan berlemak yang merupakan sumber vitamin D yang sangat bagus. Sebagai gambaran, kandungan vitamin D dalam 1 porsi (100 gram) ikan salmon adalah 526 IU (International Unit, satuan jumlah kandungan vitamin D). 

6. Melindungi Kesehatan Jantung

Kita semua paham bahwa serangan jantung adalah salah satu penyebab kematian paling umum, selain stroke. Nah, ikan adalah salah satu makanan yang mampu melindungi kesehatan jantung, terlebih jika sering dikonsumsi sejak dini.


Porsi Ideal Menu Ikan untuk Anak

 Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal dari konsumsi ikan, si kecil perlu menyantap ikan 

USIA ANAK PORSI
Di bawah 6 tahun Sekitar 4 ons per minggu
6-8 tahun Sekitar 5 ons per minggu
Di atas 9 tahun Sekitar 10 ons per minggu

 

Saran Penyajian Menu Ikan

Selain porsi ideal yang disajikan, berikut ini ada saran untuk Bunda dalam menyajikan menu ikan untuk di Kecil yang baik dan aman:

  • Pastikan Bunda sudah membuang tulang dan duri ikan sebelum menyajikannya. Potong menjadi ukuran dan tekstur yang sesuai dengan usia di Kecil. 
  • Kenalkan beragam jenis ikan sejak dini. Sajikan saja bervariasi dan bergantian dari pilihan ikan di awal artikel ini.
  • Bunda bisa mengenalkan menu ikan sejak menyajikan makanan padat di masa MPASI.
Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS