facebook pixel

Sediakan Perlengkapan Ini Saat si Kecil Siap Toilet Training

Main Image: Sediakan Perlengkapan Ini Saat si Kecil Siap Toilet Training

Coba Bunda perhatikan si Kecil, apakah sudah muncul tanda-tanda dan kondisi-kondisi tertentu yang menunjukkan bahwa si Kecil sudah siap masuk program toilet training? 

Tanda-tanda yang bisa dilihat adalah si Kecil sering berekspresi aneh saat kebelet pipis atau pup, clodinya kering saat bangun tidur atau lebih dari 2 jam pemakaian, dan seolah sudah punya jadwal relatif sama untuk pipis atau pup. Sementara kondisi yang bisa dilihat adalah si Kecil sudah belajar berjalan dan belajar duduk.

Jika tanda-tanda dan kondisi itu yang Bunda lihat, itu artinya si Kecil sudah siap menjalani program toilet training. Salah satu langkah yang perlu Bunda persiapkan adalah menyediakan sejumlah perlengkapan pendukung untuk program toilet training. 
Dengan dukungan perlengkapan berikut ini, program toilet training seharusnya bisa berjalan lebih mudah, dan tentu lebih menyenangkan buat si Kecil. Apa saja perlengkapannya? Simak berikut ini ya Bund..

Training Pants

Training Pants untukToilet Training  
Ini perlengkapan yang wajib tersedia. Training Pants adalah clodi yang dirancang khusus untuk membantu si Kecil dalam menjalankan program toilet training. Didesain hanya untuk 1x BAK. Mampu menyerap basahan dengan baik dan tidak bocor, tapi bagian dalamnya tetap basah. Ini kuncinya. Kondisi basah ini tentu membuat si Kecil merasa tidak nyaman dan meminta ganti. Selanjutnya ia akan berpikir ulang saat akan pipis di celana, dan akhirnya mengajak ke toilet. Efektif sekali, Bund!

Potty

Potty untukToilet Training

Potty adalah alat latihan buat si Kecil untuk buang air sendiri, sebelum memakai toilet yang sebenarnya. Bentuknya mini, sehingga si Kecil bisa pas dan nyaman saat duduk di atas closet, tanpa khawatir terjeblos masuk. Sangat mudah dipasang. Alat ini dilengkapi penampung juga, dan cukup tekan flush untuk membuang kotorannya. Jika sudah kuat, si Kecil juga bisa mencoba memencet flush sendiri. Ada 2 jenis potty, yaitu potty chair dan potty seat.

Celana Dalam

Celana Dalam untukToilet Training
Setelah si Kecil terbiasa memakai potty, sudah saatnya Bunda membelikannya celana dalam. Sebaiknya pilihlah celana dalam yang mudah dilepas-pasang, agak longgar dengan lingkar pinggang dari karet, agar si Kecil lancar dalam memakai maupun melepasnya  sendiri. Untuk warna dan motifnya, biarkan si Kecil yang memilih sendiri sesuai kesukannya, agar lebih semangat saat memakainya.

Perlak

Perlak untukToilet Training
Alat yang satu ini selalu menjadi andalan para Bunda untuk mencegah kasur dan sprei basah akibat ompol si Kecil yang tembus. Letakkan saja perlak di atas sprei kasur. Lebih baik jika bisa penuh menutupi sprei, terlebih jika si Kecil sudah banyak bergerak. Bunda bisa selalu sedia tisu, lap, dan semprotan disinfektan.

Peralatan Pembersih

Toilet Training perlengkapanan pel kamar mandi
Walau alat ini tidak terkait langsung dengan si Kecil, tapi Bunda bisa melibatkannya untuk aktivitas bersih-bersih. Awal-awal program toilet training, pasti akan banyak ceceran pipis, bahkan pup si Kecil di lantai. Untuk itu, peralatan bebersih, seperti kain lap, pel, cairan pembersih lantai, tisu basah, disinfektan, dan ember itu harus selalu ready di area kamar dan toilet. Dengan mengajak si Kecil terlibat di acara bersih-bersih, si Kecil akan termotivasi untuk berhenti membuat kotoran tersebut, artinya program toilet training bisa lebih cepat berhasil.

Penanda & Rewards

Toilet Training Reward Sticker
Nah, ini untuk memberikan motivasi lebih ke si Kecil selama program toilet training. Selain itu, program ini bisa menjadi menyenangkan. Bunda bisa menyiapkan papan tulis atau kertas yang ditempel di kamar atau bisa juga di toilet, lalu sediakan semacam sticker kecil yang lucu. Setiap kali si Kecil berhasil pipis atau pup sendiri tanpa membuat kotoran di celana atau lantai, biarkan ia tempelkan 1 sticker. Setelah tertempel sejumlah sticker, Bunda bisa memberikannya hadiah kecil. Pasti seru!
   
Setelah mengetahui perlengkapan pendukung apa saja untuk si Kecil dalam menjalankan program toilet training, Bunda bisa langsung menyiapkannya. Mulai dari training pants, potty, celana dalam, dan perlak, yang bersentuhan langsung dengan si Kecil. Hingga alat yang tidak menyentuhnya sama sekali tapi membuatnya lebih semangat.

Agar program toilet training bisa berjalan dengan mulus dan lancar sesuai rencana, bahkan dalam suasana yang menyenangkan, pilihlah alat-alat pendukung yang berkualitas, salah satunya seperti penggunaan training pants dari produk Minikinizz.  

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS