facebook pixel

Tips Toilet Training di Rumah dan di Luar Rumah

Main Image: Tips Toilet Training di Rumah dan di Luar Rumah

Setelah si Kecil menunjukkan kondisi-kondisi dan tanda-tanda kesiapan melepaskan diri dari clodi, maka Bunda tak perlu menunda-nunda lagi untuk menggiringnya masuk ke program toilet training.
Demi berjalan suksesnya program toilet training tersebut, biasanya Bunda menyiapkan beragam perlengkapan toilet training, seperti training pants, potty, celana dalam, peralatan bebersih kamar mandi, hingga penanda untuk kepentingan rewards. Selain itu, toilet training juga diterapkan secara sedikit berbeda, yaitu saat di dalam rumah maupun di luar rumah. Masing-masing ada tips-nya.    

Toilet Training di Dalam Rumah

Berikut ini tips bagaimana Bunda sebaiknya mengajarkan toilet training ke si Kecil saat berada di dalam rumah. Jika dilakukan dengan benar, hal ini dapat mencegah si Kecil mengalami kesulitan buang air besar atau sembelit, atau biasa disebut gangguan pencernaan konstipasi.
  

  • Bunda harus memastikan bahwa si Kecil benar-benar sudah siap untuk melakukan toilet training. Jika ternyata belum siap, ada potensi si Kecil akan memilih untuk menahan pup. Hal inilah yang justru membuatnya mengalami gangguan pencernaan, seperti sembelit. 
  • Jika terjadi sembelit, dorong si Kecil untuk mau minum air yang banyak. Ini tujuannya untuk melunakkan pup dan memperlancar gerakan usus karena sudah terlanjur mengalami gangguan pencernaan. 
  • Bunda siapkan waktu untuk fokus di program ini.
  • Singkirkan semua clodi.
  • Remind (bukan bertanya) si Kecil untuk pipis & pup.
  • Latih si Kecil ke toilet hanya untuk pips & pup, bukan menunggu waktu pipis & pup.
  • Ciptakan suasana fun saat pipis & pup.
  • Berikan pujian setiap kali si Kecil berhasil pipis & pup di toilet.

Toilet Training di Luar Rumah

PR Bunda berikutnya di masa program toilet training ini adalah si Kecil ingin pup saat sedang berada di luar rumah. Tentu saja kondisi ini sangat berbeda saat berada di dalam rumah, karena kondisi semuanya akan berbeda. Terkait kebiasaan, terkait perlengkapannya, dan belum lagi kalau menyangkut kebersihannya.
Tenang, Bund, berikut ini tips toilet training saat berada di luar rumah. Hal apa saja yang bisa Bunda lakukan sebagai bentuk pencegahan maupun saat kejadian.

  • Sedia pispot portabel untuk digunakan si Kecil saat di luar rumah. 
  • Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya selalu dorong si Kecil untuk bisa pup terlebih dahulu. Bunda relatif aman saat di luar rumah kalau ini bisa dilakukan.
  • Latih dan ajarkan si Kecil untuk bisa melakukan pup di ruangan yang berbeda-beda di rumah. Manfaatkan pispot anak. Ini akan sangat bermanfaat.
  • Sebagai bentuk preventif, sebaiknya Bunda membatasi memberikan si Kecil makanan dan minuman saat berada di luar rumah, untuk menekan keinginan si Kecil pup atau pipis. 
  • Sebagai langkah antisipatif, usahakan tidak terlalu lama berada di luar rumah. Segera pulang setelah urusan selesai.
  • Saat si Kecil “terpaksa” harus pup di luar rumah, Bunda harus mutlak selalu mendampinginya, berada di sampingnya. 
  • Yang paling penting, jangan lupa untuk selalu sepenuhnya mendukung si Kecil dalam program toilet training ini. Dukungan positif dari Bunda akan mempermudah dan memperlancar proses ini, bahkan mencegah si Kecil menderita gangguan pencernaan selama toilet training.


Setelah mengetahui tips penerapan toilet training, baik saat berada di dalam rumah maupun saat berada di luar rumah, Bunda bisa langsung mencobanya. Agar program toilet training bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana, bahkan menyenangkan, pilihlah alat-alat pendukung yang berkualitas, salah satunya seperti penggunaan training pants dari produk Minikinizz.  

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS